Macam-macam Sumber Daya yang Dimiliki oleh Perusahaan

Berita Bisnis
Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
24 Mei 2023 15:11 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Macam-Macam Sumber Daya Yang Dimiliki Oleh Perusahaan. Foto: Pexels.com/Rodolfo Quirós
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Macam-Macam Sumber Daya Yang Dimiliki Oleh Perusahaan. Foto: Pexels.com/Rodolfo Quirós
ADVERTISEMENT
Perusahaan memiliki berbagai macam-macam sumber daya yang digunakan untuk mencapai tujuan perusahaan atau untuk menjalankan bisnisnya.
ADVERTISEMENT
Lantas, apa saja jenis-jenis sumber daya yang dimiliki perusahaan? Simak jawabannya di artikel Berita Bisnis berikut beserta pengertiannya.

Pengertian Sumber Daya Perusahaan

Ilustrasi Macam-Macam Sumber Daya Yang Dimiliki Oleh Perusahaan. Foto: Pexels.com/Pixabay
Mengutip uagrantham.edu, sumber daya perusahaan adalah faktor apa pun yang diperlukan untuk mencapai tujuan atau melakukan rencana perusahaan.
Dalam ilmu ekonomi, sumber daya digunakan untuk menghasilkan barang dan jasa guna memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia. Sumber daya perusahaan dapat berupa fisik, keuangan, manusia (tenaga kerja) itu sendiri, dan lainnya.
Berikut pembahasan lengkapnya terkait macam macam sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan.

Macam-macam Sumber Daya yang Dimiliki oleh Perusahaan

Ilustrasi Macam-Macam Sumber Daya Yang Dimiliki Oleh Perusahaan. Foto: Pexels.com/Tayssir Kadamany
Berikut macam-macam sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan untuk mendukung kegiatan produksi dan mencapai tujuan perusahaan yang dikutip dari marketing91.com:
ADVERTISEMENT

1. Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia adalah individu-individu yang bekerja di sebuah perusahaan. Sumber daya ini menghasilkan tenaga kerja yang diperlukan untuk menghasilkan barang dan jasa.
Sumber daya manusia menjadi lebih penting dalam industri yang menyediakan layanan karena banyak kreativitas dan pengetahuan yang dibutuhkan dalam domain tersebut.
Sumber daya manusia juga penting dalam layanan pelanggan dan sebagai pemecah masalah untuk memahami sifat masalah pelanggan dan memberikan solusi yang disesuaikan.

2. Sumber Daya Fisik

Sumber daya fisik dianggap sebagai aset berwujud yang digunakan perusahaan untuk menciptakan penawaran nilai dan proposisi nilai kepada pelanggannya.
Sumber daya fisik dapat mencakup peralatan, bangunan, inventaris, pabrik, dan jaringan distribusi agar bisnis dapat berfungsi dengan baik.

3. Sumber Daya Intelektual

Sumber daya intelektual adalah jenis sumber daya bisnis yang bersifat nonfisik dan tidak berwujud seperti paten produk, merek organisasi, hak cipta atas materi penting, dan bahkan kemitraan. Sumber daya ini memerlukan kemampuan nalar yang baik.
ADVERTISEMENT
Perusahaan seperti Microsoft dan Apple dikenal merekrut tenaga kerja dengan intelektual yang baik dan membayar mereka sesuai kemampuannya.

4. Sumber Daya Keuangan

Sumber daya keuangan dapat mencakup uang tunai, kredit, dan jalur kredit bersama. Hanya sedikit perusahaan yang memiliki sumber daya keuangan yang sangat kuat seperti bank.
Demikian pula, perusahaan asuransi bekerja sepenuhnya berdasarkan keuangan dan menggunakan keuangan sebagai sumber daya utama bagi perusahaan.
Sekian informasi tentang macam-macam sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan. Semoga bermanfaat.
(MQ)