Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Macam-macam Komponen Penyusun Komputer, Jenis, dan Fungsinya yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 27/02/2024, 03:00 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui macam-macam komponen penyusun komputer dan fungsinya, terutama ketika tengah mempelajari tentang komputer. Sebagai informasi, komputer merupakan perangkat yang berfungsi untuk memproses data.

Untuk menjalankan tugas pemrosesan data atau komputasi itu, komputer bukanlah perangkat tunggal, melainkan terdiri dari beberapa komponen perangkat keras. Setiap komponen pada komputer bakal bekerja secara harmonis untuk menjalankan fungsi tertentu.

Baca juga: 100 Kombinasi Tombol Keyboard dan Fungsinya untuk Akses Shortcut di Semua Komputer

Oleh karena itu, pengguna penting untuk mengetahui macam-macam komponen penyusun komputer dan fungsinya. Lantas, apa saja macam-macam komponen penyusun komputer?

Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah macam-macam komponen penyusun komputer dan fungsinya.

Komponen komputer

Sebelum mengetahui macamnya, ada baiknya pengguna mengetahui dulu soal pengertian komponen komputer. Pengetahuan soal pengertian ini perlu diketahui karena berkaitan dengan jenis komponen komputer yang bakal mengategorikan macam-macamnya.

Lantas, apa itu komponen komputer? Komponen komputer adalah bagian-bagian atau sekumpulan perangkat penting yang membentuk sistem komputer. Setiap komponen memiliki peran masing-masing yang saling berhubungan untuk menjalankan tugas komputasi.

Ada banyak komponen yang terdapat pada komputer. Akan tetapi, komponen komputer secara umum dapat diklasifikasikan menjadi empat jenis, yaitu perangkat input, perangkat processing, perangkat output, dan perangkat storage.

Empat komponen itu punya fungsi yang berbeda. Namun, dalam menjalankan tugas komputasi, seperti mengolah teks, gambar, atau data lainnya, keempat komponen tersebut bakal bekerja secara harmonis.

Adapun penjelasan lebih lanjut dari masing-masing jenis komponen komputer tersebut adalah sebagai berikut.

Jenis komponen komputer

1. Perangkat input (input device)

Perangkat input adalah perangkat keras atau komponen yang memungkinkan pengguna untuk memasukkan perintah atau data pada komputer. Memasukkan data atau perintah lewat perangkat input merupakan titik awal dari alur kerja komputer

Perangkat input bertugas untuk mengambil perintah, data, atau instruksi dari pengguna, lalu mengubahnya menjadi bahasa biner yang bisa dipahami oleh perangkat pemrosesan.

2. Perangkat processing (processing device)

Perangkat processing bisa dibilang merupakan komponen utama pada komputer. Perangkat komputer adalah bagian dari komputer yang bertugas untuk menerima instruksi, memproses data, dan menghasilkan output.

Dikutip dari laman Geeks for Geeks, terdapat tiga unit inti yang secara umum terdapat pada perangkat processing komputer, yaitu ALU (Arithmetic Logic Unit), Control Unit, dan Register Memory Unit.

Control bertugas untuk mengontrol aliran data yang keluar-masuk di komputer. ALU bertugas untuk melakukan perhitungan matematika dan mengambil keputusan logis dari data atau perintah yang masuk.

Kemudian, Register Memory Unit memiliki tugas untuk menyimpan data atau instruksi yang langsung digunakan saat pemrosesan. Semua data yang masuk bakal disimpan dulu di Register Memory Unit sebelum diproses.

3. Perangkat output (output device)

Perangkat output adalah komponen yang bertugas untuk mengambil data yang telah diproses oleh komputer dalam bahasa biner dan mengubahnya menjadi bentuk atau tindakan yang dapat dimengerti oleh pengguna.

Perangkat output bisa menghasilkan berbagai bentuk, seperti suara, cetakan, tampilan, dan lainnya. Hasil pemrosesan yang keluar dari perangkat output itu merupakan langkah terakhir dalam sistem kerja komputer.

4. Perangkat storage (storage device)

Selain ketiga jenis di atas, terdapat pula perangkat storage sebagai bagian dari komponen komputer. Perangkat storage adalah komponen yang bertugas untuk menyimpan data dalam jangka panjang, sehingga bisa diakses kembali di kemudian hari.

Dari jenis itu, komputer tersusun dari banyak macam komponen. Sebagaimana sempat disebutkan di atas, tiap komponen penyusun komputer punya fungsi yang berbeda. Adapun macam-macam komponen penyusun komputer dan fungsinya adalah sebagai berikut.

Macam-macam komponen penyusun komputer dan fungsinya

Perangkat Input

1. Mouse

Mouse berfungsi untuk mengendalikan kursor pada layar komputer. Pengguna dapat mengeklik, menggerakkan kursor, dan melakukan fungsi navigasi lainnya di layar komputer melalui mouse.

2. Keyboard

Keyboard adalah perangkat input yang terdiri dari beberapa tombol. Keyboard memiliki fungsi untuk memasukkan data ke komputer berupa teks, angka, simbol, dan perintah khusus, melalui tombol-tombol yang tersedia.

3. Webcam

Webcam merupakan perangkat input yang berfungsi untuk mengambil data berupa video atau gambar ke komputer. Webcam biasanya dipakai di komputer untuk mengambil foto, merekam video, atau melakukan interaksi dengan panggilan video secara online.

4. Scanner

Scanner memiliki fungsi untuk mengonversi dokumen cetak menjadi data digital yang dapat dibaca oleh komputer. Scanner biasanya dipakai untuk memindai surat atau gambar fisik dan menjadikannya dokumen digital.

5. Mikrofon

Mikrofon merupakan perangkat input yang berfungsi untuk mengambil data berupa suara ke komputer. Mikrofon biasanya dipakai untuk merekam suara di komputer. Mikrofon juga kerap dipakai sebagai sarana berkomunikasi lewat panggilan telepon online di komputer.

6. Touchpad

Touchpad merupakan perangkat navigasi yang umum tersedia di laptop. Akan tetapi, terdapat pula touchpad yang terpasang secara terpisah di komputer. Fungsi touchpad mirip dengan mouse, yaitu untuk membuat gerakan kursor di layar komputer.

Namun, gerakan kursor di touchpad tidak dihasilkan dari gerakan tangan secara mekanik. Perintah gerakan kursor di touchpad dikirim melalui usapan dan sentuhan jari pengguna.

7. Trackball

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com