Memulai Hobi Cross-stitch atau Menyulam dan Panduannya untuk Pemula

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
25 Maret 2024 23:33 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi memulai hobi cross-stitch. Sumber: pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi memulai hobi cross-stitch. Sumber: pixabay
ADVERTISEMENT
Memulai hobi cross-stitch atau menyulam bukan sekadar perkara menjahit karena didalamnya juga terdapat kreativitas.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku Terampil Membuat: Ragam Alphabet dengan Cross Stitch karya Iva Hardiana, kegiatan kreatif dapat mendorong munculnya emosi positif dan hobi crosstitch bisa jadi pelipur lara saat dihadapkan pada situasi kacau.
Pada artikel ini, akan menjelaskan memulai hobi cross-stitch atau menyulam dan panduannya untuk pemula.

Memulai Hobi Cross-stitch atau Menyulam dan Panduannya untuk Pemula

Ilustrasi memulai hobi cross-stitch. Sumber: pixabay
Siapa saja bisa memulai hobi cross-stitch yang dapat memulainya dengan mengumpulkan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti berikut ini:

1. Memilih Kain

Beda kain, beda pula hasil akan dikerjakan. Ada beberapa kain yang lebih pas digunakan untuk cross-stitch atau menyulam. Kain strimin, katun dan linen adalah kain yang terbaik.
Jangan berhenti sampai di kain tertentu. Jika sudah lancar, cobalah berkreasi lebih banyak lagi dengan bahan-bahan lainnya. Selanjutnya dapat mencoba hobi cross-stitch di sepatu dengan bahan kanvas, baju polos yang ingin dikreasikan, hingga jaket atau celana jin.
ADVERTISEMENT

2. Memilih Benang

Pilihlah benang dengan beberapa warna yang beragam. Benang dengan label DMC cukup mudah ditemukan serta memiliki kualitas yang baik dan nyaman digunakan.
Benang untuk hobi cross-stitch umumnya akan terasa lembut di tangan. Benang jenis ini cocok untuk digunakan dalam berbagai motif, termasuk untuk yang ingin memberikan gradasi warna pada sulaman.
Selain itu, dapat juga memanfaatkan benang katun dan wol yang biasa digunakan juga untuk merajut.

3. Embroidery hoop atau pemidangan

Ada banyak jenis embroidery hoop atau pemidangan yang tersedia. Untuk pembelajaran hobi tahap awal, pilihlah embroidery hoop atau pemidangan berbahan kayu atau plastik dengan diameter sekitar 15 sentimeter.

4. Memilih Jarum yang tepat

Seperti embroidery hoop, ada banyak juga jenis jarum di luar sana. Jarum tajam dengan mata atau lubang yang cukup besar tepat untuk hobi ini. Mata yang besar diperlukan untuk benang yang umumnya lebih tebal dari benang jahit biasa.
ADVERTISEMENT
Apabila masih bingung, disarankan untuk memilih satu paket yang berisi beberapa jarum dengan berbagai ukuran yang berbeda dan dapat digunakan sesuai kebutuhan.
Dengan hobi cross-stitch tentunya bisa membuat beberapa barang. Mulai dari sarung bantal, taplak meja, hingga masih banyak lagi barang lain yang menarik.
Demikian penjelasan mengenai memulai hobi cross-stitch atau menyulam dan panduannya untuk pemula. (ARH)