4 Penyebab Air Keran Muncrat Ketika Dibuka dan Cara Mengatasinya

4 Penyebab Air Keran Muncrat Ketika Dibuka dan Cara Mengatasinya

Sekar Aqillah Indraswari - detikProperti
Kamis, 14 Mar 2024 17:06 WIB
Mimpi Minum Air (Langsung) dari Keran
Keran air yang deras. Foto: detik
Jakarta -

Ketika kenop keran air diputar atau ditarik, biasanya air keluar secara perlahan. Tetapi pernahkah kamu mengalami air keran muncrat tepat saat kamu membuka keran tersebut?

Air keran yang muncrat ini bisa membuat pakaian dan benda di depannya basah karena tekanan air yang keluar terlalu besar dan menyebar.

Kondisi aliran air ini ada yang sementara dan ada pula yang terjadi terus menerus. Biasanya yang sementara itu aliran airnya akan kembali normal setelah pembukaan keran kedua. Namun ada pula air keran yang muncrat yang memang alirannya melebar sehingga kamu perlu mengecilkan jumlah air yang keluar agar pakaian tidak basah.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sebenarnya apa yang menyebabkan air keran muncrat saat baru akan digunakan. Melansir dari Angi pada Kamis (14/3/2024), berikut beberapa penyebabnya.

1. Pipa Saluran Air Dimatikan

Saluran air yang sudah lama tidak digunakan karena pemilik rumah pergi berlibur atau jarang berada di rumah membuat air jarang digunakan.

ADVERTISEMENT

Otomatis tidak ada yang memberikan tekanan untuk air mengalir ke atas dalam jangka waktu yang cukup lama. Maka, pada saat kembali digunakan, akan terdengar suara pipa kosong, baru setelah itu air keluar dengan memuncrat.

Jika kamu mengalami hal serupa, kamu tidak perlu melakukan perbaikan pada saluran air. Cukup gunakan keran air seperti biasa setiap harinya, air bisa kembali mengalir dengan lancar seperti semula.

2. Lubang Penyaring Keran Tersumbat

Pada lubang keran air, kerap dipasang penutup berupa luban-lubang kecil untuk menghasilkan aliran air yang lebih konsisten dan bebas percikan. Lubang ini merupakan mencampurkan air dan udara untuk membuat aliran air lebih lancar.

Apabila aliran keran air muncrat, bisa jadi dikarenakan penyaring keran ini tersumbat. Sehingga air keluar deras dan keras. Jika memang tersumbat, kamu bisa membuka lubang penyaring keran tersebut dengan diputar. Setelah itu sikat bagian lubang dan dalamnya. Biasanya penyebab tersumbatnya karena lumut yang menumpuk

3. Kerusakan pada Keran Cartridge

Jika kamu memiliki keran yang cara membuka alirannya dengan diangkat dan ditutup, keran tersebut bernama cartridge. Katup keran cartridge yag rusak atau kotor bisa menghambat aliran air yang keluar dan menyebabkan keran air muncrat.

Solusinya jika katup keran cartridge rusak, kamu perlu menggantinya dengan yang baru. Apabila kotor kamu bisa membukanya dan membersihkan pada bagian tutup dan tubuh dalamnya.

4. Pipa Air Retak

Pipa air yang retak memberikan akses udara masuk ke dalam aliran air. Cara mengetahui tanda-tanda kebocoran air pada pipa rusak diantaranya terdapat noda air di dinding seperti rembesan, tercium bau lapuk, keran air terasa longgar, keran air muncrat setiap dibuka.

Cara memperbaiki pipa air yang retak tergantung pada tingkat kerusakannya. Jika retaknya parah maka kamu perlu menggantinya dengan yang baru, namun apabila masih bisa ditambal gunakan dengan lem fiber, dempul epoksi, serta selongsong karet dan jepitan. Minta bantuan ahli agar perbaikan pipa yang retak cepat.



Simak Video "Financial Planner: Mending Nyicil Rumah 30 Tahun Daripada Nyewa"
[Gambas:Video 20detik]
(aqi/zlf)
Kalkulator KPR
Tertarik mengajukan KPR?
Simulasi dan ajukan dengan partner detikProperti
Harga Properti*
Rp.
Jumlah DP*
Rp.
%DP
%
min 10%
Bunga Fixed
%
Tenor Fixed
thn
max 5 thn
Bunga Floating
%
Tenor KPR
thn
max 25 thn