5 Tips Memilih Kompor Gas yang Tepat, Harus yang Terpercaya!

Jangan membeli kompor gas yang abal-abal kualitasnya

Intinya Sih...

  • Kompor gas harus dipilih dengan tepat agar memiliki kualitas yang baik dan tidak mengecewakan
  • Pertimbangkan jenis kompor gas yang sesuai, seperti portable atau ditanam, untuk kepraktisan dalam penggunaan
  • Pastikan kompor gas memiliki label SNI, material kuat, mudah dibersihkan, dan hemat penggunaan gas

Kompor merupakan kebutuhan penting yang memang digunakan oleh semua orang untuk memasak makanan sehari-hari. Tidak heran jika memang pemilihan kompor ini harus dilakukan dengan cara cara yang tepat agar nantinya bisa memeroleh kompor dengan kualitas yang bagus dan tidak sampai mengecewakan.

Kompor gas memiliki beragam tipe yang mungkin berbeda, bahkan harga yang ditawarkan pun sangat bervariasi. Hal inilah yang mungkin akan membuatmu bisa memiliki lebih banyak pilihan untuk menentukan kompor yang akan digunakan sehari-hari. Namun, perhatikan lah beberapa tips berikut ini yang perlu kamu lakukan agar nantinya bisa mendapatkan kompor dengan kualitas yang bagus.

1. Pilih jenis kompor gas

5 Tips Memilih Kompor Gas yang Tepat, Harus yang Terpercaya!ilustrasi kompor gas (unsplash.com/Callum Hill)

Tips pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menentukan terlebih dahulu jenis kompor yang akan digunakan nanti. Kompor gas ternyata tidak hanya terdiri dari satu jenis saja, melainkan ada banyak jenis kompor gas yang masing masing pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Ada kompor gas yang mungkin bisa dibawa kemana-mana dan ada pula kompor gas yang ditanam, sehingga kamu bisa menentukan kompor gas seperti apa yang setidaknya sesuai dengan pilihanmu. Biasanya orang-orang sudah mulai beralih ke kompor gas tanam karena dirasa lebih mudah dibersihkan dan juga lebih menghemat ruang penempatan yang ada di dapur.

2. Sesuaikan ukurannya dengan kebutuhan

5 Tips Memilih Kompor Gas yang Tepat, Harus yang Terpercaya!ilustrasi kompor (unsplash.com/Andrea Davis)

Cara selanjutnya untuk membeli kompor gas adalah dengan menentukan terlebih dahulu ukuran yang sesuai dengan keinginan masing masing. Setiap orang biasanya memiliki kebutuhan kompor gas dengan ukuran yang berbeda karena hal yang disesuaikan kembali dengan luas dapur yang dimiliki.

Jika memang dapurmu tidak memiliki luas yang terlalu besar, maka sebaiknya dapat membeli kompor gas yang ukurannya kecil saja atau single stove. Sementara jika memang kamu memiliki dapur yang ukurannya cukup besar, maka tidak ada masalah jika kamu membeli kompor gas dengan dua tungku agar nantinya bisa lebih efektif ketika memasak.

Baca Juga: 5 Panduan Menyimpan Kurma di dalam Freezer agar Awetnya Maksimal

3. Pastikan sudah berlabel SNI

5 Tips Memilih Kompor Gas yang Tepat, Harus yang Terpercaya!ilustrasi kompor (unsplash.com/🇸🇮 Janko Ferlič)

Membeli kompor gas ternyata tidak boleh sembarangan karena hal ini juga berkaitan dengan keamanan pada saat penggunaannya. Kamu harus memastikan bahwa memang kompor gas yang dibeli sudah memiliki label SNI atau sesuai dengan Standar Nasional Indonesia.

Jika kompor gas yang kamu beli memang sudah memiliki label SNI, maka artinya kompor tersebut memang benar-benar aman untuk digunakan dan tidak memberikan risiko yang serius. Oleh sebab itu, lebih cermat lah dalam membeli kompor gas dan jangan sampai justru tergiur dengan harga yang murah, namun belum memiliki label SNInya.

4. Materialnya kuat dan awet

5 Tips Memilih Kompor Gas yang Tepat, Harus yang Terpercaya!ilustrasi kompor (unsplash.com/Dane Deaner)

Memperhatikan soal material kompor gas ternyata menjadi hal lain yang perlu kamu perhatikan ketika membelinya. Sebetulnya masing-masing dari brand kompor gas pasti menggunakan material yang berbeda, sehingga kamu bisa mengecek terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membelinya.

Usahakan untuk membeli kompor gas yang memang memiliki material cukup kuat agar nantinya tidak sampai mudah rusak ketika digunakan. Selain itu, pastikan untuk membeli kompor gas yang materialnya mudah dibersihkan agar nantinya tampilan kompor tidak sampai mudah kotor.

5. Pilih kompor yang hemat gas

5 Tips Memilih Kompor Gas yang Tepat, Harus yang Terpercaya!ilustrasi kompor (unsplash.com/Charles Betito Filho)

Sebetulnya setiap kompor gas ternyata bisa mengonsumsi gas yang berbeda beda dan hal ini perlu kamu ketahui sejak awal. Jika memang kamu berkesempatan untuk membeli kompor gas secara langsung ke tokonya, maka kamu bisa menanyakan kompor gas seperti apa yang sekiranya bisa menghemat lebih banyak gas.

Tentunya sangat disayangkan jika kamu menggunakan kompor gas yang ternyata boros sekali penggunaan gasnya, sehingga hal ini membuat mu jadi harus merogoh kocek dalam untuk membeli gas yang baru. Oleh sebab itu, lebih selektif dalam menentukan kompor gas berdasarkan dengan daya pengonsumsian gasnya.

Membeli kompor gas semestinya dapat memperhatikan beberapa hal di atas. Tujuannya agar kompor gas yang kamu peroleh sesuai dengan keinginan dan tidak sampai jelek kualitasnya, sehingga bisa digunakan dengan lebih aman. Pastikan kompor gas yang kamu beli sudah memiliki label SNI!

Baca Juga: 10 Tips Mengiris Daging Ayam agar Hasilnya Rapi dan Tekstur Tipis 

Jamilah Photo Community Writer Jamilah

Semoga bisa memberi manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dhana Kencana
  • Mayang Ulfah Narimanda

Berita Terkini Lainnya