Jika ada pihak mengatasnamakan PRMN yang memeras, menipu, dan melanggar kode etik, sampaikan pengaduan pada kami.

Rekomendasi Film Horor Jadul Barat, Ada Rosemary's Baby dan The Omen

- 13 Maret 2024, 16:40 WIB
Film Rosemary's Baby.
Film Rosemary's Baby. /IMDb

PIKIRAN RAKYAT – Film horor menjadi salah satu genre favorit yang punya banyak penggemar di Indonesia. Beberapa film horor Barat yang jadul sekali pun kerap dibandingkan dengan film horor lokal yang baru-baru dirilis, meski kala itu teknologi belum semaju sekarang. Berikut rekomendasi film horor jadul Barat yang legendaris.

Rosemary's Baby (1968)

Rosemary's Baby adalah film horor psikologi yang ditulis dan disutradarai oleh Roman Polanski. Film ini diadaptasi dari novel tahun 1967 dengan judul yang sama karya Ira Levin.

Film tersebut menceritakan sepasang pengantin baru bernama Rosemary Woodhouse dan Guy Woodhouseyang yang pindah ke kawasan elite di New York. Saat Rosemary mengandung, dia bermimpi aneh hingga diganggu oleh kejadian-kejadian janggal. Sejak itulah, Rosemary mengalami paranoid dan mengira orang-orang di sekitarnya ingin menimbulkan jabang bayinya untuk ritual menyembah setan.

The Exorcist (1973)

The Exorcist adalah film horor Amerika Serikat yang diadaptasi dari novel ternama karya William Peter Blatty. Novel yang diterbitkan pada tahun 1971 itu menceritakan gadis kecil yang kerasukan setan dan sang ibu yang berusaha menyembuhkannya lewat ritual eksorsisme.

Baik film maupun novelnya, sama-sama terinspirasi dari kisah nyata praktik eksorsisme yang terjadi tahun 1949. Kala itu, dua orang imam Katolik melakukan ritual pengusiran setan terhadap bocah laki-laki berusia 14 tahun.

The Omen (1976)

The Omen merupakan film horor supernatural yang disutradarai oleh Richard Donner dan ditulis David Seltzer.

Film ini mengisahkan sepasang suami istri yang ditinggal oleh anak mereka tepat setelah dilahirkan. Namun kematian anak tersebut tidak diketahui oleh sang istri. Tanpa sepengetahuannya, suami tersebut lalu mengadopsi anak yang baru lahir untuk menghiburnya. Namun deretan kejadian aneh muncul saat anak itu memasuki masa kanak-kanak. Seorang pendeta lalu mengatakan bahwa anak itu bukanlah manusia, melainkan anak iblis.

A Nightmare on Elm Street (1984)

A Nightmare on Elm Street adalah film supernatural Amerika yang dirilis tahun 1984. Film ini ditulis dan disutradarai Wes Craven, serta diproduksi oleh Robert Shaye.

Film ini bercerita tentang sekelompok remaja yang diincar oleh mayat hidup pembunuh anak-anak. Mayat hidup yang disebut Krueger ini membunuh anak-anak melalui mimpinya demi membalas dendam karena telah dibakar hidup-hidup oleh orangtuanya.

Friday The 13th (1980)

Friday The 13th merupakan film jagal atau slasher Amerika yang disutradarai oleh Sean S. Cunningham dan ditulis oleh Victor Miller.

Film ini menceritakan sekelompok remaja yang membuka tempat camping yang punya cerita kelam. Di sana, seorang anak kecil tenggelam di danau yang dekat dengan lokasi camping. Akibatnya, para remaja tersebut dibunuh satu per satu oleh pembunuh misterius.

The Shining (1980)

The Shining adalah film horor yang diproduksi dan disutradarai oleh Stanley Kubrick. Sementara naskahnya ditulis oleh novelis Diane Johnson.

Film The Shining menceritakan seorang penulis yang mendapat pekerjaan sebagai penjaga hotel. Hotel tersebut dibangun di atas tanah pemakaman India. Saat musim dingim, dia mengajak keluarganya tinggal di hotel itu, kemudian rentetan kejadian horor menganggu mereka.***

Editor: Ahlaqul Karima Yawan


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Dapatkan konten ekslusif "Langganan
sekarang
dan tetap
up to date!"
Email Address:

Terpopuler

Kabar Daerah

Pikiran Rakyat Media Network

x