5 Gejala Kolesterol 'Jahat' Sudah Terlalu Tinggi Pasca Lebaran, Salah Satunya Mudah Ngantuk!

Dewi Maharani Astutik | Beautynesia
Jumat, 12 Apr 2024 14:30 WIB
5 Gejala Kolesterol 'Jahat' Sudah Terlalu Tinggi Pasca Lebaran, Salah Satunya Mudah Ngantuk!
5 Gejala Kolesterol 'Jahat' Sudah Terlalu Tinggi Pasca Lebaran, Salah Satunya Mudah Ngantuk!/Foto: Freepik/benzoix

Lebaran identik dengan sajian-sajian khas yang selalu disuguhkan ketika kita bertandang untuk bersilaturahmi. Masakan-masakan tersebut meliputi makanan yang mengandung santan, daging hewan, atau bahkan campuran dari keduanya.

Meskipun nikmat dan susah untuk ditolak, makanan khas lebaran tersebut bisa membuat kadar kolesterol jahat dalam tubuh meningkat pesat. Dilansir dari detikHealth, ini, lho, gejala kolesterol tinggi yang akan kamu rasakan jika kadar kolesterol jahat sudah melebihi ambang batas wajar.

Mudah Mengantuk

Ilustrasi/Foto: Unsplash/Kinga Howard
Ilustrasi/Foto: Unsplash/Kinga Howard

Lemas dan mudah lelah tanpa alasan yang jelas kerap diasosiasikan dengan kadar kolesterol jahat yang tinggi dalam tubuh. Rasa kantuk yang mudah muncul merupakan tanda bahwa kolesterol jahat telah menumpuk pada pembuluh arteri.

Penumpukan plak atau kolesterol jahat pada pembuluh arteri itu bisa membatasi alirah darah dalam tubuh. Akibat dari hal tersebut adalah menurunnya jumlah oksigen dan nutrisi yang sampai ke otok dan organ-organ lain, termasuk otak.

Kaki Kesemutan

Ilustrasi Sakit Kaki/Unsplash/Imani BahatiIlustrasi/Foto: Unsplash/Imani Bahati

Kaki kesemutan hingga mati rasa juga kerap diasosiasikan dengan yang kadar kolesterol tinggi dalam darah. Gejala tersebut merupakan pertanda bahwa telah terbentuk plak pada arteri dan pembuluh darah lainnya.

Seperti yang telah disebutkan pada poin sebelumnya, adanya plak bisa mengganggu aliran darah yang mengantarkan oksigen pada kaki. Akibat dari hal ini adalah timbulnya rasa kesemutan, kram, hingga sakit pada area kaki yang tak kunjung hilang.

Rasa Sakit pada Tengkuk

Ilustrasi/Foto: Freepik/wayhomestudio

Menurut Journal of Orthopedic Science, kadar kolesterol jahat (LDL) yang tinggi dalam tubuh bisa menyebabkan rasa nyeri pada tengkuk. Meskipun begitu, gejala ini tidak sering ditemui karena hanya dialami oleh beberapa orang saja.

Selain itu, gejala kolesterol tinggi berupa rasa sakit pada area belakang leher juga masih belum bisa dipastikan dengan jelas. Namun, jika hal ini terjadi kepadamu, maka kemungkinan besar telah terjadi penumpukan kolesterol yang memengaruhi aliran darah di area tersebut.

Xanthelasma

Ilustrasi/Foto: Freepik/diana.grytsku

Xanthelasma adalah endapan kolesterol yang tersembunyi di balik lipatan kulit. Biasanya gejala dari xanthelasma ini dimulai dengan munculnya gumpalan lemak kekuningan di ujung kelopak mata.

Xanthelasma sendiri bisa dibilang sebagai sebuah kondisi yang tidak terlalu serius dalam beberapa kasus. Meskipun begitu, kamu harus tetap waspada saat mengalaminya karena ini adalah gejala kolesterol tinggi yang bisa meningkatkan risiko untuk menderita penyakit jantung.

Perlemakan Hati

Ilustrasi/Foto: Freepik.com

Kadar kolesterol jahat yang tinggi di dalam tubuh kerap diasosiasikan dengan penyakit jantung. Namun, selain penyakit jantung, penyakit yang berhubungan dengan hati juga bisa timbul akibat tingginya kadar kolesterol jahat.

Kadar kolesterol yang tinggi bisa menimbulkan rasa tidak nyaman berupa begah hingga mual. Kondisi perlemakan hati karena kolesterol tinggi juga dapat meningkatkan risiko penyakit sirosis hingga kanker hati.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE