Share

Modal KUR BRI, Rolupat Agresif Jualan Batik Online di Momen Lebaran

Rani Hardjanti , Okezone · Rabu 24 April 2024 21:01 WIB
https: img.okezone.com content 2024 04 24 455 3000227 modal-kur-bri-rolupat-agresif-jualan-batik-online-di-momen-lebaran-XjNmLR7msl.jpg Penjualan Batik Rolupat. (Foto: Okezone.com/Instagram)
A A A

JAKARTA - Lebaran 2024 menjadi momen puncak penjualan bagi pedagang. Tidak terkecuali Butik Batik Rolupat, milik pengusaha, Henny Christiningsih.

Henny adalah pengusaha batik yang sukses menghantarkan puluhan pelaku UMKM go internasional. Di bawah binaan Henny, pelaku UMKM batik berbagai daerah di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur, berhasil memenuhi memasok produk batik berstandar ekspor.

Tidak hanya ekspor, pasar lokal pun menjadi segmen penjualan. Hal itu tercermin dari momen Idul Fitri 1445 Hijriyah ini.

Selain aktif mengikuti sejumlah pameran, Henny juga mendorong Rolupat untuk fokus penjualan di platform digital.

Platform yang disasar terbagi menjadi dua. Pertama platform e-commerce, seperti Shoppe dan Tokopedia. Kedua, media sosial, seperti Instagram dan TikTok. "Kami mengadakan live shooping," ujarnya.

Perduli Kebudayaan Bangsa

Peran aktif Henny 'menggendong' pelaku UMKM di pelosok Jawa bukan tanpa alasan. Dia sangat ingin melestarikan kebudayaan Indonesia. "Saya sangat perduli dengan kebudayaan khusususnya batik," ujar dia kepada Okezone.com.

Sebenarnya batik bukan hal baru buat Henny. Dia besar dari keluarga pembatik di Solo, Jawa Tengah. Hatinya sangat tergerak melihat pelaku UMKM di daerah yang penjualannya kurang berkembang, padahal memiliki potensi yang sangat besar.

Misi mulia itu dia mulai dari tahun dibangunnya Butik Batik Rolupat pada 2018. Baru berdiri, usahanya dihadang Covid-19.

Dia tidak berhenti di situ. Henny justru mengkreasikan batik menjadi masker, juga aksesoris lain seperti tatakan gelas dan tempat tisu.

Lalu dia bangkit menembus pasar global, di Australia, Hong Kong, China dan Eropa. "Orang bule sangat suka dengan batik. Batik dipadu celana jeans jadi tampil kasual," ujarnya.

Henny merupakan nasabah Bank BRI Rawamangun, Jakarta Timur, yang sempat menggunakan fasilitas KUR BRI dan kemudian menjadi nasabah prioritas.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Dia mengaku Bank BRI identik dengan UMKM karena sangat mendukung pelaku UMKM. "Bank BRI itu memiliki solusi bagi pelaku UMKM," tegasnya.

Kini Henny sudah berhasil membawa produk batik binaannya ke kancah dunia. Henny bertekad akan terus mempertajam dan meningkatkan kualitas produk binaannya agar kebudayaan tidak tergerus dengan zaman.

Bank BRI konsiten menyasar pelaku UMKM sebagai core businessnya. Adapun strategi bisnis mikro BRI di tahun 2024 akan fokus pada pemberdayaan berada di depan pembiayaan.​​​​​​​

BRI, sebagai bank yang berkomitmen kepada UMKM, juga telah memiliki kerangka pemberdayaan yang dimulai dari fase dasar, integrasi, hingga interkoneksi.

Sesuai dengan amanah pemerintah, Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengatakan, program KUR bertujuan meningkatkan dan memperluas akses pembiayaan kepada usaha produktif.

"Program KUR juga bertujuan untuk meningkatkan kapasitas daya saing usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM)," ujarnya, dalam keterangan tertulis, Selasa (16/4/2024).

Selain itu juga mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini